Pengertian google dan
Yahoo
1.
Google
Google merupakan sebuah situs berupa mesin pencarian atau search engine
yang popular dijaringan internet. Mulai dari pencarian situs, gambar, lokasi (GoogleMaps) serta dilengkapi dengan G-mail(Pesan instan).
Google menawarkan berbagai fasilitas koneksi seperti PC-PC, PC-Phone dan PC-to-PC Service,
File Transfer, Webcam hosting, text Message service, chat rooms.
Kelebihan
dan kekurangan google :
A.
Kelebihan
Google
·
Simple,
tampilan google sangat sederhana, tanpa iklan dan news sehingga tidak
membingungkan. Sekali masuk 100% pasti akan melakukan aktifitas pencarian,
·
Untuk
membuka halaman google sangat mudah dan cepat,
·
Dapat mencari segala informasi seperti gambar,
berita artikel, hiburan dll.
B. Kekurangan Google
·
Kadangkala
hasil pencarian tidak relevan, meskipun google telah berusaha menampilkan hasil
yang relevan. Kadang hasil pencarian
hanya membuat kita berputar dari web ke web yang lain.
2.
Yahoo
Yahoo!
Messenger (sering disingkat "Y!M" atau "YM") merupakan
program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh yahoo!. Yahoo!
Messenger tersedia secara gratis dan dapat di unduh serta diakses
menggunakan Yahoo! ID yang biasa digunakan untuk mengakses layanan Yahoo! yang
lainnya, seperti Yahoo! Mail. Penggunaan ID ini juga mengakibatkan pengguna
dapat langsung diberitahu bila mendapat sebuah e-mail. YM menawarkan
berbagai fasilitas koneksi seperti PC-PC, PC-Phone dan PC-to-PC Service, File
Transfer, Webcam hosting, text Message service, chat rooms.
Kelebihan
dan kekurangan Yahoo :
A.
Kelebihan Yahoo
·
Adanya fitur
e-mail yang banyak disukai oleh orang-orang,
·
bisa mengirimkan file dokumen,
·
salah
satu web yang menyediakan layanan fasilitas gratis,
·
Yahoo Messenger juga menyediakan
layanan web cam, dimana kita bisa melihat lawan bicara kita.
B.
Kekurangan Yahoo
·
loadingnya membutuhkan waktu
yang lama,
·
Satu
id yahoo hanya untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM,
·
Teralu mudah untuk membuat id, sehingga
kadang-kadang disalah gunakan.
Segi Layanan E-mail google(Gmail) dan Yahoo
1.
Google(Gmail)
Gmail
kini mungkin hadir dengan tampilan yang banyak diperbarui dari segi tampilan
menu, jadi intinya kita bisa masuk ke Gmail, Google+, Google Images,
GoogleMaps, Blogspot dan lainnya dari satu situs Gmail. jadi, Google telah
mengintegrasikan semua produknya dalam satu akun, jadi tidak perlu lagi
repot-repot log-in lagi untuk satu produk beda dari produsen
yang sama.
kecepatan upload dokumen
di Gmail menurut saya sekarang cenderung lebih stabil dan cepat dan mungkin
kita akan terbantu juga karena disediakan space sebesar 25mb
untuk file maksimum yang bisa dikirim untuk satu e-mail. dan lagi ada status
bar yang menunjukan sudah berapa persen file kamu di-upload.
2.
Yahoo
baru-baru ini memang
Yahoo mengeluarkan desain tampilan baru untuk Yahoomail dan menurut saya emang
lebih baik dari yang kemarin. dari segi kapasitas attachment juga
sekarang kita bisa mengirim file maksimum 25 mb untuk sekali kirim. beda dengan
Google, di YahooMail setiap akun e-mail kita gak punya batasan kuota jadi kita
bisa saja bikin akun YahooMail kita jadi pusat simpan data-data yang penting.
kalo Google setiap akun e-mail dibatasi sampai sekitar 7,6 Gb.
beralih ke
kecepatan upload di YahooMail, sekarang YahooMail sudah
punya fitur status baryang sedia gambaran sudah berapa persen file
kita di-upload. ditambah lagi YahooMail sudah berkerja sama dengan antivirus Norton dari Symantec yang
bisa memeriksa file yang dikirim apa ada virusnya atau tidak.
Kesimpulan
kesimpulannya walau di atas kertas
Google jauh lebih baik dari Yahoo, tapi masih ada kelebihan Yahoo yang belom
bisa diungguli Google. walau dari segi mesin pencari Google sangat ampuh, tapi
dari segi e-mail mungkin Gmail masih belom sepopuler YahooMail karena memang
Yahoo duluan yang punya jasa layanan e-mail. kemudian untuk layanan chatting
Yahoo jelas lebih unggul dengan produk Yahoo Messenger-nya karena memang banyak
dipakai orang karena banyak juga orang yang punya akun e-mail Yahoo.
walau sebenarnya dari segi performa e-mail saya lebih merekomendasikan
Gmail. Google dan Yahoo
yang tentunya memiliki cara yang berbeda dan strategi marketing yang lain untuk
menjaring pasar sesuai dengan keunikan dan kelebihan produknya masing-masing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar